babad tanah jawi

Standar

Mingkar mingkuring angkara, Angkarana karenan mardi siwi, Sinawung resmining kidung, Sinubo sinukarta, Mrih kretarta pakartining ngelmu luhung, Kang tumrap neng tanah Jawa, Agama ageming aji.

Menjauhi nafsu angkara, untuk mendidik anak2 dengan puisi atau lagu,
dibangun dengan banyak kreasi, untuk memahami ilmu yg tinggi,
dan ditanah jawa ini, yang penting adalah menjalankan agama dengan benar

Jinejer neng wedatama, Mrih tan kemba kembenganing pambudi, Mangka nadyan tuwa pikun, Yen tan mikani rasa, Yekti sepi asepa lir sepah samun, Samangsane pasamuan, Gonyak ganyuk nglelingsemi

Tertulis di wedhatama, janganlah mengejek salah paham,
meskipun tua dalam umur, kalau tidak memiliki ‘rasa’, sebenarnya ‘sepa’ (hambar) seperti sampah,
didalam pertemuan, akan kikuk dan memalukan

Nggugu karsane priyangga, Nora nganggo peparah lamun angling, Lumuh ingaran balilu, Uger guru aleman, Nanging janma ingkang wus waspadeng semu, Sinamun ing samudana, Sesadon ingadu manis.

Menuruti kemauan sendiri (keras kepala), berbicara tanpa pertimbangan,
tidak mau dikatakan bodoh, dan selalu ingin dipuji
tetapi orang yg bijak dan pandai,
akan selalu menyembunyikan kepandaian, dibungkus dalam sikap dan prilaku yg baik

Si pengung ora nglegewa, Sangsayarda denira cacariwis,Ngandhar-andhar angendhukur, Kandane nora kaprah, Saya elok alangka longkanganipun, Si wasis waskita ngalah, Ngalingi marang si pengung

Orang bodoh tidak pernah menyadari,
semakin dia banyak bicara dengan omongan2 yg tinggi, kata2 nya akan semakin ngawur,
tetapi orang yg pandai akan lebih mengalah,
dan malah melindungi/menutupi si bodoh.

Mangkono ngelmu kang nyata, Sanyatane mung weh reseping ati, Bungah ingaran cubluk, Sukeng tyas yen denina, Nora kaya si punggung anggung gumrunggung, Ugungan sadina dina Aja mangkono wong urip

Begitulah ilmu yg benar, merasuk -membuat damai di hati,
tetap gembira dibilang bodoh, tetap senang meskipun dihina,
tidak seperti si bodoh yg selalu omong besar, dan sombong setiap hari,
jangalah begitu sikapmu hidup

Uripe sepisan rusak, Nora mulur nalare ting saluwir, Kadi ta guwa kang sirung, Sinerang ing maruta
Gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung, Pindha padhane si mudha, Pradene peksa kumaki

Hidup yg cm sekali saja rusak, tidak berkembang pikiranya bercabang2,
seperti gua yg gelap dan menyeramkan,
jika terkena tiupan angin, akan bergema dan bergemuruh, seperti itulah
jiwa jagung muda, meski demikian tetap saja merasa sombong

Kikisane mung sapala,Palayune ngendelken yayah wibi, Bangkit tur bangsane luhur, Lha iya ingkang rama, Balik sira sarawungan wae durung, Mring atine tata karma, Nggon anggon agama suci

Motivasinya cuma kecil, hanya mengandalkan orang tuanya, yg kaya dan berpangkat, lha?? memang itu bapakmu, tetapi kembali ke dirimu..
bergaul saja belum, belum mengerti tata krama dan cara menjalankan agama yg suci

Socaning jiwangganira, Jer katara lamun pocapan pasthi Lumuh asor kudu unggul, Semengah sesongaran,Yen mengkono kena ingaran katungkul, Karem ing reh kaparawiran, Nora enak iku kaki

Gambaran jiwamu, akan terlihat dari tutur kata,
tidak mau mengalah maunya menang sendiri,
senang menyombongkan diri, jika demikian bisa dibilang terlena,
suka ribut..gak baik itu nak!

Kekerane ngelmu karang,, Kekarangan saking bangsaning gaib, Iku boreh paminipun,Tan rumasuk ing jasad, Amung aneng sajabaning daging kulup, Yen kapengkok pancabaya,Ubayane mbalenjani.

Yang dipandang ilmu karangan – yg dikarang oleh bangsa gaib,
itu hanya ibarat bedak/param, tidak merasuk kedalam badan,
hanya ada diluar daging..nak, jika terkena marabahaya,
tidak bisa diandalkan

Marma ing sabisa bisa,Bebasane muriha tyas basuki, Puruita kang patut,Lan traping angganira, Ana uga angger ugering kaprabun, Abon aboning panembah, Kang kambah ing siyang ratri.

Untuk itulah sebisa2nya kamu,
untuk membersihkan hati, belajar hal yg benar, sesuai kemampuan,
ada juga aturan sosial, tempat kamu mengabdi, yg dilalui siang dan malam

Iku kaki takokena, Marang para sarjana kang martapi, Mring tapaking tepa tulus, Kawawa nahen hawa, Wruhanira mungguh sanyataing ngelmu, Tan mesthi neng janma wredha, Tuwin mudha sudra kaki.


Maka dari itu bertanyalah, kepada orang2 yg pandai dan bijak,
untuk mengikuti jejak, agar bisa menahan hawa nafsu,
ketahuilah sebenarnya ilmu itu, tidak hanya dari orang berpangkat dan tua, tetapi juga orang muda dan rakyat jelata

Sapantuk wahyuning Allah, Gya dumilah mangulah ngelmu bangkit, Bangkit mikat reh mangukut,
Kukutaning jiwangga, Yen mangkono kena sinebut wong sepuh, Lire sepuh sepi hawa, Awas roroning atunggil


Orang yg mendapat wahyu allah,
yg memahami dan menguasai ilmu, menguasai dengan sempurna, sampai kedalam jiwa,
orang yg demikan bisa disebut ‘orang tua’,
artinya bijak dan menjauhi hawa nafsu, mengerti tentang dwi tunggal sifat Tuhan.

Tan samara pamoring sukma,Sinuksmaya winahya ing ngasepi, Sinimpen telenging kalbu, Pambukaning warana,Tarlen saking liyep layaping aluyup, Pindha pesating sumpena, Sumusuping rasa jati

Dan mengasah dalamnya sukma,
menghayati didalam keheningan, yg disimpan didalam batin,
sebuah gerbang pembuka, dari suasana hening dan sayup,
seperti sebuah mimpi, tenang merasuk dalam diri

Sejatine kang mangkana, Wis kaenan nugrahaning Hyang Widhi, Bali alaming asuwung, Tan karem karameyan, Ingkang sipat wisesa winisesa wus, Mulih mula mulanira, Mulane wong anom sami.


Sebenarnya dlm situasi tsb, sudah mendapatkaan anugrah Tuhan,
kembali ke alam hening, tidak seperti dalam keramaian,
yg bersifat kuasa-menguasai,
kembali ke alam asal, tempat sebaik orang belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s